PART II

Keesokan harinya masih pagi kami mulai explore Bandung Kota. Perjalanan kami dimulai dari penginapan Reddoorz meuju ke Alun-alun Bandung.

11. ALUN-ALUN BANDUNG

Kami sengaja datang pagi karena kami pikir alun-alun masih sepi, ternyata tidak sesuai ekspetasi woow kami sampai alun-alun ternyata lapangan sudah penuh akan orang. Kami masuk ke lapangan dan menikmati udara pagi Bandung kemudian kami tak lupa foto-foto.

12. JALAN ASIA AFRIKA DAN JALAN BRAGA

Kami melanjutkan perjalanan menyusuri sepanjang jalan Asia Afrika sambil hunting foto dan menikmati sejuknya udara pagi di Bandung. Perjalanan kami lumayan jauh karena lanjut menyusuri Jalan Braga kemudian menuju ke Taman Balai Kota. Disana kami penasaran dengan sebuah spot yang unik seperti labirin.

13. TAMAN BALAI KOTA

Taman ini terletak di Jl. Wastukancana Babakan Ciamis, Bandung. Taman ini sangat ramai akan pengunjung mulai dari anak-anak, remaja dan juga orang tua. Tak lama kai berdua sampai di Taman Balaikota dan mencari spot yang kami inginkan, akahirnya kami hanya foto sebentar dan istirahat sambil memutuskan mencari tempat untuk makan siang. Kami lanjut ke tempat kuliner yang juga banyak di-recommend orang jika berkunjung ke Bandung.

14. KULINER SATE MAULANA YUSUF

Dengan naik grab car kami bedua dengan cepat sampai di Warung Sate Maulana Yusuf. Kami masuk lalu duduk dan segera pesan 1 porsi sate Maulana Yusuf, Sop Iga dan 2 porsi nasi. Ternyata seperti yang mereka bilang memang ini merupakan sate  enak dengan harga terjangkau di Bandung. Setelah kenyang kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat yang kerap kali orang menyebutnya Monju.

15. MUSEUM PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT

Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini kerap sekali disebut dengan Monju. Museum ini terletak di Jalan Dipati Ukur No. 48, Kota Bandung. lokasinya berhadapan dengan Gedung Sate. Untuk masuk ke area Monumen tidak dipungut biaya namun hanya diminta untuk lapor dengan petugas yang ada dan kita mengisi buku tamu dan meninggalkan KTP sebagai bukti.

Kami berdua hanya diberi waktu 20 menit kalau hanya untuk berfoto saja. Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan menuju ke destinasi selanjutnya yaitu Mall yang harus dikunjungi jika berkunjung ke Bandung.

16. PARIS VAN JAVA MALL

Mall yang selalu di recommend orang jika ke Bandung yaitu Paris Van Java. Mall yang bener-bener keren memang. Kami berjalan masuk ke Mall itu dan luar biasa di dalamnya penuh dengan konsep yang tidak ada di mall-mall lain. Seketika itu aku teringat akan foto postingan teman aku yang katanya taman bunga matahari di PVJ. Kemudian kami memutuskan untuk mencari lokasi itu dan ternyata kita keliling muter-muter dan akhirnya bertanya kepada petugas disana akahirnya menemukannya. Waktu itu sudah siang menjelang sore dan sangat rame akan pengunjung yang juga ingin berfoto dengan bunga-bunga matahari. Kami foto-foto sebentar setelah itu kami lanjut keliling dan menemukan spot semacam air terjun keren banget.

Waktu pun semakin sore dan kami harus melanjutkan perjalanan ke penginapan untuk mengambil barang dan tas kami. Setelah itu kami kembali datang ke Aun-alun Bandung untuk menikmati suasana dimalam hari. Wah ternyata semakin penuh dan ramai akan pengunjung.

Tak lama setelah itu kami memutuskan untuk meuju ke Stasiun Bandung untuk pulang ke Jakarta. Ternyata waktu masih lama dan kami menunggu di coffe shop sambil beristirahat. Perjalanan kami di Bandung berakhir di Stasiun ini dan ini merupakan pengalaman backpacker ke Bandung yang sangat mengesankan. Hanya dua hari tapi sangat padat dan berkesan.

Terima kasih Bandung. Terima kasih sobatku kak Yohana sudah menjadi partner traveling aku di Bandung.