Mengisi waktu weekend minggu lalu aku main ke Serang, Banten bareng teman aku. Tujuan utama ialah ingin membuat conten foto. Kami berangkat dari Jakarta Sabtu siang dan pulang ke Jakarta Minggu malam. Perjalanan yang sangat melelahkan juga dari Jakarta naik bus sampai Serang. Bus berangkat dari Kampung Rambutan dan masih sangat sepi sehingga kami bisa memilih tempat duduk yang nyaman, namun lambat laun semakin jauh perjalanan banyak penumpang naik dan memenuhi bus, sampai sampai banyak juga yang berdiri. Dan tempat duduk teman saya nih hampir dimonopoli sama ibu-ibu. Lucu juga kalo melihatnya, ya namanya juga kursi bayar mahal jadi gak bisa gentian. Sesampai di Serang kami dijemput oleh teman-teman GenPI Banten kemudian kami lanjut untuk makan dan kumpul bersama, begadang sampai dini hari.

Hari kedua, kami explore Wisata Banten Lama dan Pantai Anyer via Patra Comfort Anyer. Perjalanan kami dimulai dari jam 9 pagi menuju ke Banten Lama. Banten Lama merupakan kelurahan yang ada di Kota Serang, Provinsi Banten, Indonesia. Sampai di Banten Lama cuaca sangat panas sehingga kami hanya menghabiskan waktu untuk duduk menikmati minum es dan jajan.  Ada beberapa objwk wisata yang ada disana yang sempat kami kunjungi yaitu Masjid Agung Banten, Benteng Speelwijk dan tak jauh dari situ ada Pantai Gope.

Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid Agung Banten didirikan pada sekitar tahun 1552-1570. Yang didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin. Tempat ini merupakan tempat wisata ziarah yang sangat ramai akan pengunjung. Tak hanya orang Banten namun juga banyak dari luar daerah datang dan berkunjung ke Masjid ini.

Tak lama kemudian sekitar jam 11 kami melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Gope. Kami menuju ke Pantai Gope naik angkot dan membayar 5K saja. Setelah sampai disana kami masuk ke sebuah warung yang menawarkan wisata mangroove, spot-spot foto kekinian dan juga bisa sampai Pantai Lope. Setelah panas-panas dan foto-foto kami istirahat sambil minum es kelapa muda dan es the sambil menunggu salah satu teman yang mau datang.

Jam 1 siang perjalanan kami masih lanjut menuju ke Pantai Anyer via Patra Comfort Anyer. Perjalanan sekitar 2 jam karena kami singgah untuk makan terlebih dahulu. Setelah itu kami lanjut perjalanan menuju Pantai Anyer, sesampai disana kami menikmati indahnya bentangan pantai yang indah. Pantai Anyer yang didalam kompleks Patra Comfort Anyer merupakan pantai private dengan keindahan pantainya yang berpasir putih. Jadi pantai ini berbeda dan jauh dari pantai yang dikunjungi oleh wisatawan pada umumnya. Selain itu juga ada beberapa cottage yang ada dan langsung dapat view pantai. Setelah puas menikmati keindahan pantai Anyer dan foto-foto jam 5 sore kami memutuskan untuk pulang.

Perjalanan pulang lebih lama daripada berangkatnya karena kami ditengah perjalanan mengalami halangan. Mendadak lampu mobil mati dan tak bisa diperbaiki. Mobil berhenti lama dan akhirnya nekat tetap lanjut perjalanan dalam kondisi lampu mobil mati. Sekitar jam 8 kami sampai di Serang kemudian kita berpisah, aku dan teman aku lanjut naik bus jurusan Kalideres untuk pulan ke Jakarta.

Cerita lucu dan berkesan ketika perjalanan pulang. Kami masuk ke dalam bus dan ternyata kami tak mau kalo tidak bersebelahan, akhirnya kami kembali turun dari bus. Lalu bapak kernet nya bertanya “, Loh mbak kenapa turun? Ini sudah mau berangkat. Trus aku jawab”, Gak jadi pak, soalnya gak dapat tempat duduk yang dua besebelahan”. Akhirnya bapak kernetnya minta penumpang lain untuk pindah dan kami kembali naik bus itu. Memang bus ini tidak ber-AC karena kami nyari bus yang penting sampai Kalideres dengan keadaan suda malam.

Dan ditengah jalan kejadian yang sangat tidak mengenakkan, ketika dijalan tol ternyata hujan deras sekali dan bus bocor parah pas banget dijendela sebelah aku duduk, huft jadi sempat mikir ini gara-gara maksa dapat tempat duduk dua bersebelahan apa ya trus kayak gini. Tapi untung hujan pun segera terlewati dan akhirnya sampai Kalideres dengan selamat. Kemudian kami pulang kerumah masing-masing.

Sekian perjalanan kami ke Banten banyak kejadian lucu, berkesan dan seru dah pokoknya jadi backpacker tuh.