JAKARTA terkenal dengan kota yang kejam dan juga macet. Namun disisi lain Jakarta juga mempunyai banyak keindahan dan juga tempat wisata yang harus dikunjungi. Banyak yang ada di Jakarta mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, wisata religi, wisata buatan. Sudah lama aku tinggal di Jakarta dan sudah banyak juga wisata di Jakarta yang aku kunjungi, sebenarnya tak cukup jika mengunjungi wisata Jakarta hanya sehari tapi aku akan kasih daftar Wisata Jakarta Dalam Sehari.

1. Fatahillah Square

Wisata Kota Tua wajib dah untuk dikunjungi karena disini merupakan cikal bakal adanya Jakarta. Di Kota Tua ini terdapat beberapa Museum yaitu Museum Keramik, Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta yang terkenal dengan nama Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri. Untuk masuk ke masing –masing museum ini cukup hanya dengan membayar 5 ribu per orang. Banyak sekali yang bisa kita pelajari dan ketahui jika masuk ke museum itu. Setelah lelah keliling memasuki museum disitu juga terdapa café yang terkenal yaitu café Batavia dan juga ada café lainnya jadi bisa makan atau minum disana. Akses untuk menuju ke kawasan Kota Tua ini sangat mudah jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, bisa naik KRL dan turun di Stasiun Jakarta Kota dan transjakarta turun di Halte Kota. Ada yang baru dikawasan Kota Tua ini yaitu Kanal Kali Besar yang instagramable dan menyerupai Seoul.

2. Jembatan Kota Intan

Jembatan ini merupakan saksi sejarah Jakarta. Bangunan ini ada sejak tahun 1628. Jembatan ini berlokasi tidak jauh dari kawasan Kota Tua Jakarta. Sejarahnya jembatan ini sering mengalami pergantian nama sesuai pergantian zaman. Dan yang terakhir ini setelah kemerdekaan namanya Jembatan Kota Intan. Masuk ke jembatan ini gratis.

3. Vihara Dharma Bhakti

Tak jauh lokasinya dari Kota Tua, tepatnya di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Jika dari Kota Tua bisa jalan kaki atau naik transjakarta kemudian turun di halte Glodok, setelah itu keluar halted an jalan kaki menuju ke Vihara. Vihara ini termasuk kelenteng tertua di Jakarta. Di kawasan itu juga terdapat kuliner berbagai macam makanan. Untuk memasuki Vihara tersebut free alias gratis untuk foto-foto atau buat video diperbolehkan yang penting ijin terlebih dahulu kepada satpam yang ada disana.

4. Monas

Menurut aku adalah jantungnya wisata yang ada di Jakarta. Belum lengkap rasanya kalo main ke Jakarta belum mampir ke Monas. Aku saja pertama kali datang ke Jakarta paling excited main ke Monas walaupun panas terik sekalipun. Banyak hal yang bisa dilakukan jika berkunjung ke Monas, mulai dari foto-foto, naik ke Plataran Monumen, Naik ke puncak Monas, kuliner, melihat dancing fountain, berolahraga juga bisa gathering dan berkumpul dengan teman atau komunitas.

5. Museum Nasional RI atau Museum Gajah

Tak jauh dari kawasan Tugu Monas lokasinya. Museum ini merupakan museum terbesar di Asia Tenggara. Museum ini sangat lengkap koleksinya, mulai dari koleksi arkeologi, prasejarah, keramik, etnografi, dan sejarah. Museum ini mempuyai 4 lantai dengan masing masih tema. Untuk lantai pertama yaitu ruang yang bertemakan Manusia dan Lingkungan. Disana terdapat artefak manusia purba. Untuk lantai kedua yaitu ruangan yang bertemakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Diruangan ini menyimpan banyak koleksi tentang informasi dan teknologi yang meliputi aksara, bahasa, alat komunikasi, ekonomi, transportasi, dll. Untuk lantai ketiga bertemakan organisasi dan pemukiman. Diruang ini terdapat koleksi benda-benda religi, prasasti, pakaian dan perhiasan. Dan untuk lantai empat merupakan tempat untuk menyimpan emas dan jga koleksi benda keramik.

6. Masjid Istiqlal

Merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara. Masjid ini diberi nama Istiqlal dalam bahasa Arab yang berarti Merdeka. Masjid ini tepat berseberangan dengan Gereja Katedral, ha ini dimaksudkan sebagai lambag persaudaraan dan toleransi antar agama.

7. Pelabuhan Sunda Kelapa

Sunda Kelapa merupakan pelabuhan yang terletak di kelurahan Penjaringan Jakarta Utara. Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan cikal bakal adanya kota Jakarta. Sunda Kelapa sudah ada sejak zaman Pajajaran yaitu kerajaan Tarumanegara. Saat ini banyak orang datang berwisata ke Pelabuhan hanya sekedar hunting foto, atau menikmati senja disini. Bisa juga naik kapal kecil mengelilingi Pelabuhan hanya dengan membayar 10K saja.

8. Gereja Katedral

Gereja KatedraL Jakarta merupakan salah satu cagar budaya di Jakarta. Gereja yang memiliki arsitektur neo-gotik ala Eropa ini memiliki nama resmi Gereja Katolik Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga. Berlokasi di Jakarta Pusat berseberangan langsung dengan Masjid Istiqlal.

9. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng Jakarta Pusat yang dulu namanya Waterlooplein. Tempat ini merupakan tempat wisata yang baru di revitalisasi dan sekarang menjadi destinasi instagramable. Semakin cantik dan bagus, cocok untuk gathering dan juga mengadakan event. Bisa untuk foto-foto, buat konten vido, olahraga, wisata keluarga. Kalau sore bisa menyaksikan sunset yang indah.

10. Taman Impian Jaya Ancol

Wisata yang selalu ramai dikunjungi semua kalangan mulai dari anak- anak sampai orang tua, tak hanya wisatawan local namun mancanegara juga datang ke wisata ini. Di dalam Ancol terdapat banyak wahana yang ada mulai dari Pantai, Dufan, Sea World, Samudera Atlantis, Eco Park, Pasar Seni, dll. Tiket masuk ke Ancol ialah 25 ribu/ orang dan untuk tariff masuk kendaraan 20 ribu (mobil) dan 15 ribu (motor). Di dalam kawasan Ancol juga terdapat mall, resto dan juga dermaga untuk menuju ke Kepulauan Seribu.

11. Grand Indonesia Mall

Dan setelah seharian keliling wisata Jakarta walaupun belum semuanya sempatkan untuk mampir ke Mall Grand Indonesia yang merupakan wisata belanja di Jakarta. Disini banyak terdapat kuliner yang menyediakan berbagai macam makanan lezat. Merupakan tempat favorit semua kalangan selain belanja juga bisa nongkrong serta nonton. Tak jauh dari situ juga bisa ke Bundaran HI dimalam hari menikmati indahnya Jakarta dimalam hari.

Wah tak akan habis sebenernya kalau membahas satu per satu wisata yang ada di Jakarta. Yang aku tulis diatas yaitu wisata yang bisa dijangkau sehari dengan porsi waktu yang sangat pendek di destinasi tersebut.