Candi Borobudur adalah wisata yang hampir semua orang di belahan bumi ini mengetahuinya. Candi Borobudur kini tak hanya mempunyai Candi namun mempunyai banyak sekali wahana yang menarik serta terdapat desa wisata di sekitar Candi Borobudur. Dan satu lagi yang harus diketahui bahwa di kompleks Candi Borobudur juga terdapat surga tersembunyi alias sebuah tempat yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Bukit Dagi Abhinaya.

Kilas Tentang Dagi Abhinaya

Bukit Dagi Abhinaya adalah sebuah keindahan yang tersembunyi yang tidak semua orang mengetahuinya. Dilihat dari sejarah, nama Dagi Abhinaya mempunyai arti yaitu inspirasi, creativity yang berasal dari bahasa Sanskerta. Diharapkan Dagi Abhinaya ini bisa menginspirasi banyak orang yang berkunjung. Bukit Dagi ini merupakan tempat tertinggi di Borobudur. Konon, tempat ini digunakan oleh para tokoh besar untuk berdiskusi, menggali inspirasi, menyusun strategi dan melahirkan kreativitas. Dan tempat inilah yang digunakan sebagai tempat pengawasan terhadap Candi Borobudur.

Picnic Breakfast Paket Wisata Unggulan Dagi Abhinaya

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, tempat wisata berusaha untuk tetap bisa mendatangkan pengunjung tapi dengan syarat harus menerapkan protokol kesehatan. Dagi Abhinaya membuat sebuah paket baru yaitu Picnic Breakfast. Picnic Breakfast ini merupakan paket breakfast dengan konsep makan di outdoor. Selain makan, disini juga bisa belajar main gamelan, belajar membuat kerajinan dari janur, melihat live cooking, mendengarkan cerita tentang Sejarah Candi Borobudur dan masih banyak lainnya.

Makanan yang disajikan dalam paket ini juga bermacam-macam mulai dari appetizer sampai dessert. Aku kasih tau nih menu pertama yaitu appetizer yang terdiri dari serabi kuah dan pisang bakar. Aku kasih bayangan deh betapa enaknya menu ini. Serabi kuah terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang dipanggang dan disajikan dengan kuah santan  gua jawa. Untuk pisang nya jenis pisang kepok yang dibakar dan ditaburi dengan madu dan keju. Lanjut dengan menu soup namanya ikan mekuah. Soup ini terdiri dari ikan dori fillet dengan brokoli, kentang, tomat dan saus kemangi serta ditaburi mie kentang dan daun kemangi.

Menu main course yang menarik, namanya Nasi Putri Manohara yang terdiri dari sajian nasi kismis bertahtakan olahan daging sapi dan kurma berempah, terinspirasi dari perpaduan budaya, Jawa, India dan Arab.

Dessert yang paling aku suka terdiri dari berbagai macam irisan buah-buahan yang disajikan dalam mangkuk yang berbahan kulit melon nan menarik.

Ada juga beverage equil, kopi, the dan wedang senget. Wedang senget merupakan minuman herbal khas Manohara dibuat dari jahe, kunyit, serai yang direbus dan disajikan dengan kapulaga, cengkeh, kayu manis, jeruk nipis dan daun pandan. Nikmat sekali bagi yang suka. Kalau aku jujur lidah aku menolak minuman ini. Setelah menikmati sarapan pagi lanjut keliling taman Candi Borobudur naik mobil golf.

Hal-hal yang bisa dilakukan di Dagi Abhinaya

Karena lokasinya yang tinggi terletak pada ketinggian 275 mdpl, maka tempat ini sangat sejuk dan asri didukung dengan adanya pohon-pohon pinus disekeliling bukit. Dagi Abhinaya menawarkan 5 cottage dengan fasilitas yang lengkap dan bersifat exclusive yang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi para pengunjung ketika menginap.

Hal menarik yang hanya bisa dilakukan di Dagi Abhinaya yaitu bangun pagi dan langsung disuguhkan indahnya sunrise yang muncul dari balik Candi Borobudur. Serta merasakan dan menghirup udara sejuk pagi dengan view perbukitan Menoreh yang mempesona.

Ada beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan disekitar Bukit maupun sekitar Candi Borobudur seperti menikmati sunrise dari atas puncak Candi Borobudur, Sepeda Wisata, Jogging, Breakfast outdoor dengan view Sunrise Candi Borobudur, Sunset, Village Tour, Batik Art, Membuat Gerabah, Safari Gajah, Fotografi dan masih banyak ragam aktivitas lainnya.

Berkunjung dan menginap di Dagi Abhinaya akan memberikan pengalaman luar biasa. Pengunjung akan dijelaskan dan dibawa keliling kawasan wisata dan mengenali potensi wisata yang ada. Karena Dagi Abhinaya akan memberikan kisah- kisah inspiratif dan pengetahuan dari Candi Borobudur.

Lokasi Bukit Dagi Abhinaya

Dagi Abhinaya adalah sebuah hunian yang terdapat beberapa cottage dengan konsep bangunan kayu. Lokasi Dagi Abhinaya ini berada di sebuah bukit yang bernama Dagi, disebelah barat laut Candi Borobudur. Di Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Masuk melalui pintu 8 (Manohara Resto) kemudian ambil arah kiri dan ikuti jalan nanti akan ada plang yang menunjukan arah ke Dagi Abhinaya.

Fasilitas di Bukit Dagi Abhinaya

Fasilitas yang ada di Dagi Abhinaya paling utama ialah cottage dengan konsep bangunan kayu yang mewah, ada pendopo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati keindahan, kenyamanan dan ketenangan ditempat tersebut.

Adapun beberapa paket yang ditawarkan ialah paket foto prewedding, paket sunrise dan picnic breakfast Dagi Abhinaya, paket eksklusif makan siang, paket eksklusif sunset, paket pernikahan dan paket Yoga.