Pada jaman sekarang traveling sudah menjadi sebuah hobi yang banyak orang sukai. Tipe-tipe traveler juga beragam, orang suka traveling karena mengejar destinasi viral dan hanya untuk sekedar foto-foto, karena ingin menikmati suasana baru di daerah tujuan, mau mencoba makanan khas daerah itu, ingin belajar dan mengetahui tradisi dan budaya di daerah tujuan, ada juga yang hanya sekedar refreshing buat ngilangin penat dan stres.

Banyak orang beranggapan kalau traveling itu adalah hobi mahal hanya menghabis-habiskan uang. OH NO NO NO, traveling murah atau mahal itu tergantung siapa orangnya. Aku mau bagi tips traveling versi aku. Traveling tidak selalu dan tidak harus pergi ke tempat yang jauh, tidak harus tidur di hotel yang mewah dan mahal, tidak harus makan di restoran mahal dan tidak harus naik transportasi yang kelas eksekutif. Cukup dengan budget murah tapi sudah mendapatkan kenyamanan dan keseruan serta pengalaman seru pas traveling.

 

BUAT RENCANA

Sebagai seorang Travel Blogger, Content Creator dan juga seorang Guru Preschool membuat rencana perjalanan cukup susah. Banyak sekali rencana perjalanan yang hanya menjadi wacana belaka. Meskipun begitu aku tetap membuat rencana dan bucket list traveling.

 

SURVEI DESTINASI

Sebelum pergi kesuatu tempat pastinya cari-cari tahu tentang tempat itu terlebih dahulu. Bisa melihat dari internet, Instagram, buku traveling, dan tanya teman yang sudah pernah datang ke destinasi yang diinginkan. Dengan survei terlebih dahulu kita bisa tahu kira-kira biaya yang dikeluarkan, transportasi yang digunakan dan juga akses untuk menuju kesana.

 

MENENTUKAN DESTINASI

Menentukan destinasi yang pas dengan budgeting. Traveling di destinasi dekat engan rumah bagiku tidak masalah. Bagiku traveling itu bukan karena destinasi tapi pengalaman, pelajaran dan cerita yang aku dapatkan dari tempat itu.

 

CARI TIKET JAUH HARI

Pemesanan tiket jauh – jauh hari itu penting, untuk mendapatkan tiket dengan harga lebih murah. Pilih juga transportasi yang kelas ekonomi dan termurah. Tidak perlu gengsi namun tetap ingat dengan tujuan utama traveling asik dan murah meriah. Pastikan juga kalau traveling jangan di musim liburan.

 

HUBUNGI KENALAN DI DAERAH TUJUAN

Menghubungi teman atau janjian dengan teman merupakan hal yang sangat penting dan dianjurkan. Karena bisa menjadi teman traveling juga bisa sekalian sebagai pemandu perjalanan. Dan jika memungkinkan berkunjung ke rumahnya dan bisa menginap.

 

PILIH PENGINAPAN MURAH

Penginapan tak perlu hotel maal dan mewah tapi cukup yang murah meriah. Sangat direkomendasikan menginap di tempat penginapan lokal destinasi itu. Selain itu bisa juga booking penginapan melalui aplikasi. Karena lebih murah dan bisa booking sebelum sampai ditempat.

 

KULINER TRADISIONAL

Kalau ngomongin kuliner aku paling jarang kulineran. Kalau lagi pergi mau makan aja suka bingung mau makan apa, mentok-mentok makanan apa aja yang terlihat ditempat itu. Tidak perlu makan di restoran mahal, cukup makanan tradisional daerah tersebut. Menurut aku yang penting perut terisi dan bisa lanjut explore lagi. Satu lagi kalo bisa usahakan bawa botol minum sendiri.

Udah sekian saja yang bisa aku bagikan untuk kalian baca dan mungkin bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

With love,

VERONIKA